tips to create a Montessori at home

Tujuh Cara Sederhana untuk Menciptakan Lingkungan Montessori di Rumah

Pendekatan Montessori telah ada sejak lama dan terus mendapatkan popularitas karena banyak orang tua menemukan manfaat dari metode pengajaran ini. Dalam metode Montessori, orang tua memainkan peran penting untuk memastikan bahwa pembelajaran tidak berhenti ketika anak meninggalkan sekolah. Anda dapat mengadopsi prinsip-prinsip Montessori di rumah dengan menciptakan lingkungan belajar yang ramah Montessori.

Tujuh Cara untuk Menciptakan Montessori di Rumah

Di bawah ini adalah tujuh cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan ruang belajar Montessori di rumah. Dengan melakukan pendekatan ini, Anda dapat mendukung rasa keingintahuan anak Anda dan memfasilitasi pertumbuhan serta pembelajaran mereka, bahkan ketika mereka jauh dari sekolah.

1. Sediakan ruang terbuka.

Elemen tunggal dan terpenting dari ruang ramah Montessori di rumah adalah ruang terbuka. Harus ada ruang yang cukup untuk anak Anda bereksplorasi. Jika tidak, kemampuan mereka untuk belajar dan bereksplorasi dari lingkungannya menjadi terbatas.

Untuk memfasilitasi lingkungan Montessori di rumah, pastikan Anda memberi anak Anda ruang yang cukup untuk bereksplorasi.

2. Merotasi mainan secara berkala.

Merotasi mainan adalah salah satu teknik penting yang akan Anda pelajari saat Anda mengembangkan lingkungan Montessori di rumah. Dengan merotasi mainan, anak Anda hanya bisa bermain dengan beberapa mainan dalam satu waktu. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memberi mereka materi pembelajaran yang dapat memfokuskan ketertarikan mereka secara penuh dan sesuai untuk usia dan tahap perkembangan mereka.

Untuk mengetahui mainan mana yang harus disimpan untuk jangka waktu tertentu, amati bagaimana mereka berinteraksi dengan mainan tersebut. Berikan mereka seperangkat mainan yang benar-benar mereka sukai.

3. Jadikan lingkungan tersebut ramah anak dan inklusif.

Tentu Anda ingin anak menjadi mandiri di ruang Montessori di rumah Anda. Namun, keselamatan mereka juga merupakan prioritas utama. Saat mendesain ruangan ini, pastikan untuk membuatnya tetap ramah anak dan inklusif. Hal ini akan memfasilitasi pembelajaran yang dilakukan anak secara mandiri karena mereka akan merasa aman dan didukung ketika berada di dalam lingkungan tersebut.

Belilah furnitur dan rak ramah anak. Sehingga anak dapat bermain dan belajar dengan mudah. Hal ini juga akan meningkatkan kemandirian mereka ketika mereka beraktivitas di ruangan tersebut.

4. Sediakan mainan sensorik.

Mainan sensorik sangat penting dalam lingkungan Montessori di rumah. Selain mainan edukatif dan peralatan belajar lainnya, pastikan Anda memiliki mainan sensorik. Ini akan membantu memaksimalkan pembelajaran dan interaksi yang mereka dapatkan ketika bermain karena mereka menggunakan panca indera mereka. Menurut para ahli dalam Montessori, jenis pembelajaran ini paling efektif.

5. Menggunakan desain warna yang natural dan sederhana.

Terdapat kecenderungan alami untuk memilih warna-warna cerah saat mendekorasi ruang belajar atau ruang bermain untuk anak. Namun, hal tersebut tidak direkomendasikan dalam metode Montessori. Anak-anak akan dapat beraktivitas dengan lebih baik ketika mereka berada di lingkungan yang tenang. Jadi, yang terbaik adalah tetap menggunakan desain warna yang natural atau sederhana.

Desain warna yang lebih terang juga dapat menjaga mereka agar tidak terganggu. Hal ini memungkinkan mereka untuk fokus pada peralatan belajar yang mereka miliki. Sehingga, mereka dapat memaksimalkan interaksi dan pembelajaran.

6. Sediakan buku.

Kegiatan membaca buku bermanfaat bagi anak-anak semua usia terutama anak usia dini. Hal ini dikarenakan kemampuan kognitif mereka masih dalam perkembangan. Sangat penting untuk memilih buku yang sesuai dengan usia anak. Buku-buku tersebut dapat diletakkan di dalam ruang ramah Montessori di rumah Anda.

7. Kesederhanaan adalah yang terbaik

Sangat umum bagi orang tua untuk membeli berbagai macam mainan untuk anak mereka. Namun, ini bukan cara yang efektif karena dapat membuat anak kewalahan. Hal ini juga dapat berlawanan dengan upaya Anda untuk membantu mereka belajar.

Tempatkan mainan dan bacaan mereka seminimal mungkin. Ini akan membantu mempermudah Anda dalam mengatur ruangan. Selain itu, anak Anda akan merasa nyaman. Dengan hanya beberapa mainan dan buku untuk dikerjakan, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik dan akan mendapatkan manfaat secara maksimal dari masing-masing mainan dan buku tersebut. Pada saat yang sama, mereka akan tetap lebih fokus. Hal ini merupakan salah satu filosofi utama dalam metode Montessori.

Manfaat Menerapkan Montessori di Rumah

Setelah Anda mengetahui prinsip-prinsip menciptakan ruang ramah Montessori di rumah, ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh. Berikut beberapa manfaat tersebut:

  • Menumbuhkan kemandirian pada anak-anak.
  • Mendorong rasa ingin tahu dengan melibatkan panca indera mereka dalam belajar.
  • Memberi mereka rasa tanggung jawab di lingkungan mereka sendiri.
  • Memberi mereka kebebasan untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri
  • Memungkinkan mereka untuk mengembangkan disiplin diri.
  • Membantu mengembangkan kreativitas mereka.
  • Menghargai keunikan setiap anak.
  • Mengembangkan rasa cinta untuk belajar seumur hidup mereka.

Menciptakan ruang Montessori di rumah adalah kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Kegiatan ini tidak harus menjadi rumit. Sejalan dengan ajaran filosofi Montessori yaitu menjadikan pembelajaran lebih efektif dan intuitif.