tiny seed activities for toddlers

Kegiatan Bibit Mungil untuk Balita

Metode pengajaran Montessori memanfaatkan kreativitas dan minat anak untuk memudahkan proses pembelajaran. Oleh karena itu, banyak teknik Montessori yang melibatkan penggunaan interaksi dalam kehidupan nyata dan permainan di luar ruangan. Pembelajaran Montessori tidak terjadi begitu saja di lingkungan yang dipersiapkan atau di dalam kelas; dunia di sekitar anak-anak adalah ruang kelas bagi mereka. Aktivitas “Tiny Seed” adalah contoh terbaik dari pendekatan pembelajaran ini.

Cari tahu cara memanfaatkan tema “Tiny Seed” untuk membantu anak-anak belajar dan ketahui berbagai aktivitas “Tiny Seed” yang dapat mereka ikuti.

 

Apakah yang dimaksud dengan “Tiny Seed”?

Ide menggunakan “Tiny Seed” untuk belajar berasal dari buku karya Eric Carle yaitu “The Tiny Seed”. Buku ini ditulis untuk anak-anak tingkat prasekolah dan taman kanak-kanak. Orang tua dan pendidik dapat menggunakan buku ini untuk membantu mengajarkan keterampilan penting kepada anak-anak yang dapat membantu perkembangan mereka.

Eric Carle adalah penulis buku anak yang terkenal. “The Tiny Seed” adalah salah satu karya terbaiknya dan digunakan oleh para pendidik sebagai pedoman untuk mengajarkan keterampilan dan pengetahuan penting kepada anak-anak. Karyanya juga yang menginspirasi aktivitas “Tiny Seed” yang diajarkan kepada anak-anak.

Buku “The Tiny Seed” bercerita tentang siklus hidup bunga. Cerita dimulai dengan sekuntum bunga yang mekar dan kemudian bijinya tertiup angin. Beberapa benih kecil mendarat di tanah yang baik dan tumbuh seiring waktu. Bahkan ketika pertumbuhan benih kecil itu lambat, mereka akhirnya berubah menjadi tanaman besar dengan bunga-bunga cantik. Siklus hidup bunga dimulai lagi saat musim gugur, saat ia menciptakan polong biji baru yang mekar lalu tertiup angin.

Buku ini menampilkan ilustrasi yang hidup yang akan membuat anak-anak senang membaca. Buku ini juga mengajarkan tentang pelajaran moral yang penting, serta memberikan ide bagi anak-anak untuk mengeksplorasi pembelajaran di luar ruangan dan melakukan kegiatan berkebun.

Aktivitas “Tiny Seed” untuk Anak-anak

Saat Anda membaca buku bersama anak atau siswa, ada beberapa aktivitas yang dapat Anda ikuti bersama mereka. Anda dapat mencoba beberapa ide menyenangkan ini.

 

Permainan dengan Jari

Saat membaca buku, gunakan jari Anda untuk mendemonstrasikan berbagai tindakan yang terjadi di dalamnya. Berikut adalah beberapa cara agar anak Anda dapat berinteraksi dengan buku menggunakan jari mereka.

Tiru kegiatan menanam benih di kebun. Gunakan jari Anda untuk menunjuk biji di telapak tangan dan kemudian buat gerakan menyapu dengan jari Anda. Setelah selesai menyapu, Anda dapat mulai menanam benih (sekali lagi, gunakan jari Anda untuk mendemonstrasikan cara melakukannya).

Bentuk lingkaran dengan tangan Anda untuk mendemonstrasikan matahari bersinar dan kemudian kepakkan jari Anda untuk menunjukkan bahwa sedang hujan. Pegang kedua tangan Anda dan perlahan rentangkan ke atas untuk menunjukkan tanaman tumbuh. Lanjutkan gerakan ini dan berdiri untuk menunjukkan bahwa tanaman telah tumbuh tinggi.

Dorong anak untuk mengikuti gerakan yang Anda lakukan.

 

Papan Permainan mengenai Bunga

Carilah Papan Permainan dengan gambar bagian bunga. Ajaklah anak untuk berinteraksi dengan papan tersebut dengan menyebutkan bagian-bagian bunga.

Setelah Anda mengajari mereka tentang hal tersebut, arahkan mereka ke papan permainan dan minta mereka untuk menunjuk pada setiap bagian yang telah Anda beri nama. Aktivitas ini sangat membantu dalam mengidentifikasi bagian-bagian bunga.

 

Bernyanyi Lagu tentang Bunga

Salah satu aktivitas “Tiny Seed” lainnya yang akan menyenangkan bagi anak-anak adalah bernyanyi bersama menyebutkan bagian-bagian bunga. Anda dapat membuat mereka menyanyikan bagian bunga yang berbeda dengan lagu “kepala, pundak, lutut, dan kaki”. Aktivitas ini secara efektif dapat memperluas kosa kata anak dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

 

Menanam Benih

Anda dapat mengajak anak berkebun untuk mendorong mereka berinteraksi di luar ruangan. Dengan menggunakan alat berkebun seukuran anak, Anda dapat mengajak anak menanam benih di taman. Pastikan memberi label tanaman dengan nama anak sehingga mereka dapat merawatnya dan mengukur pertumbuhannya.

Anda bahkan bisa mengajak anak menanam berbagai jenis benih – dari buah-buahan, sayuran, dan bunga. Kelompokkan benih agar anak dapat membedakannya saat mereka tumbuh. Ini adalah kegiatan belajar menyenangkan yang dapat meningkatkan kemampuan identifikasi dan keterampilan motorik halus anak.

 

Hal yang perlu digaris bawahi

Pembelajaran harus menyenangkan dan interaktif agar efektif bagi anak-anak, terutama balita. Aktivitas “Tiny Seed” ini sangat cocok karena dapat membuat mereka berinteraksi dengan berbagai objek sambil mempelajari keterampilan yang berharga.

4 Tanggapan

  1. Ping-balik: real driver's license

Comments are closed.

Montessori Diploma 3-6 Years Online Course
Montessori Lower Elementary 6-9 Years Certificate Course
Montessori Certificate 3-6 Years Online Course
Short Certificate Courses 2-6 Years for Parents and Educators