fbpx

PILAR UTAMA DARI PENGASUHAN MONTESSORI: PANDUAN LENGKAP

Setiap orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Oleh karena itu, penting untuk memilih layanan pendidikan yang berkualitas untuk memastikan bahwa Anda dapat mengoptimalkan pembelajaran dan perkembangan anak Anda di setiap tingkatan (terutama selama tahun-tahun awal sekolah). Konsep Montessori telah membuka jalan untuk menghadirkan pendidikan berkualitas bagi keluarga dan anak-anak Anda. Jika Anda penasaran tentang apa yang membuat metode Montessori berbeda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Jika Anda adalah orang tua, Anda mungkin akan bertanya pada diri sendiri: “Manfaat apa yang bisa Montessori tawarkan kepada anak saya?” ini adalah pertanyaan yang wajar karena Anda akan berinvestasi dalam pendidikan anak Anda. Disini Anda akan belajar tentang apa yang membuat pendidikan Montessori unik dan lebih unggul daripada metode lain di luar sana. Tetapi untuk memberi Anda ide, pendidikan Montessori jauh dari metode pengajaran tradisional bahwa pendidikan Montessori ada untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian pada anak Anda. Sebagai orang tua, ini menjadi ide yang disambut baik jika anak Anda dapat memperoleh kepemilikan atas pembelajaran mereka.

Ini menyimpang dari metode pengajaran meyuapi anak (memanjakan). Pendidikan Montessori mendorong pembelajaran pada anak secara alami dan tidak terbatas pada penggunaan alat pembelajaran umum seperti buku atau bahan bacaan lainnya. Tujuannya adalah untuk membuat anak termotivasi sendiri dan membuat proses belajar yang menyenangkan bagi mereka. Tetapi yang paling penting, pembelajaran terjadi pada kecepatan yang sesuai untuk setiap anak karena masing-masing dari mereka adalah unik.
Panduan ini akan memperkenalkan Anda kepada pengasuhan Montessori dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkan potensi belajar anak Anda.

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PENGASUHAN MONTESSORI?

Konsep pendidikan dan pengasuhan Montessori diambil dari ide-ide yang dibuat oleh studi Maria Montessori. Ide-idenya memicu apa yang dikenal sebagai gerakan Montessori. Disiplin pengasuhan Montessori ditandai dengan pendekatan pengasuhan yang santai yang memungkinkan anak belajar dan bermain dengan bebas. Ia tidak percaya pada konsep hukuman, bahkan ketika anak-anak menjadi nakal atau jahat. Sebaliknya, ini bertujuan untuk mendorong anak-anak untuk menjadi diri terbaik mereka, yang merupakan sesuatu yang harus mereka temukan sendiri.

Metode unik Montessori telah mengubah cara orang tua dalam membesarkan anak. Ini berfokus pada kebutuhan anak dalam hal belajar dan bermain – seringkali kedua hal ini bersifat abu-abu. Konsep pengasuhan Montessori menyakini bahwa anak-anak dapat belajar melalui permainan. Konsep metode pengasuhan dan disiplin ini dijelaskan secara mendalam dalam buku Maria Montessori. Namun, pengajaran dan teknik tersebut mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan Anda karena sekarang Anda dapat menemukan berbagai sekolah berbasis Montessori. Hal ini memudahkan anak-anak dan orang tua untuk dapat mengakses kualitas pendidikan dan pembelajaran yang dipromosikan oleh gerakan Montessori.

Tantangan terbesar bagi orang tua adalah memfasilitasi dalam Metode pembelajaran Montessori di rumah. Bagaimana Anda dapat memastikan bahwa hal-hal yang dipelajari anak Anda di sekolah dapat dipraktekkan di rumah? Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan mempelajari dan menguasai prinsip-prinsip dasar pengajaran Montessori sehingga Anda dapat memperkuatnya di rumah.

WAWASAN MENGENAI PRINSIP-PRINSIP MONTESSORI

 

montessori parenting

This is an overview of those main principles that the Montessori movement abides by:

·         Gerakan dan Kognisi – Pembelajaran harus disertai dengan gerakan dan sebaliknya. Tidak ada pembelajaran yang terjadi ketika anak Anda masih diam. Terutama pada anak kecil, mereka tentu penasaran. Anda harus memfasilitasi gerakan dan eksplorasi agar pembelajaran terjadi.

·         Pilihan – Penting untuk memberi anak pilihan bahan yang mereka gunakan untuk belajar sendiri. Ini memfasilitasi metode pembelajaran yang lebih sederhana sehingga tidak terbatas pada pembelajaran.

·         Minat – Ketika anak Anda tertarik pada sesuatu, mereka tidak hanya ingin belajar tetapi mereka juga bisa belajar lebih baik.

·         Hindari Hadiah Ekstrinsik – Hadiah tidak dianjurkan dalam metode pembelajaran Montessori. Mereka hanya termotivasi karena hadiahnya. Jika Anda memilih untuk menarik hadiah itu dari mereka, mereka kehilangan motivasi itu. Motivasi diri adalah apa yang dipromosikan sebagai gantinya.

·        Belajar dengan Teman sebaya – Dalam lingkungan Montessori, mereka mempromosikan lingkungan belajar yang kolaboratif. Hal ini mempromosikan keterampilan pengamatan dan sosial mereka.

·         Belajar dalam Konteks – Yaitu mempromosikan penggunaan lingkungan untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih mendalam. Proses pembelajaran tidak hanya dibatasi oleh buku atau panduan audio-visual.

·         Interaksi Orang Dewasa – Pikirkan tentang bagaimana Anda berinteraksi dengan anak Anda dan bahasa yang Anda gunakan. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi pembelajaran mereka saat mereka tumbuh dewasa.

·         Ketertiban dalam lingkungan dan pikiran – Ajari anak Anda untuk memulihkan ketertiban di lingkungan belajar mereka untuk memberikan disiplin diri. Lakukan hal ini saat Anda memperkuat ajaran Montessori di rumah.

BAGAIMANA MEMPERKUAT PENGAJARAN MONTESSORI UNTUK ORANG TUA DI RUMAH

Sekarang setelah Anda memahami prinsip-prinsip dasar yang dipatuhi oleh sekolah Montessori untuk belajar, Anda dapat menggunakannya sebagai pedoman ketika Anda melanjutkan metode-metode ini di rumah. Satu-satunya cara supaya anak Anda benar-benar mendapat manfaat dari metode pengajaran Montessori yang unik ini adalah dengan mengamati mereka di rumah. Anda harus tegas dengan metode pengasuhan Montessori Anda untuk memastikan bahwa apa pun yang dipelajari anak Anda tidak hilang pada mereka ketika mereka sampai di rumah. Bagaimanapun, rumah adalah sekolah pertama anak-anak. Apa yang Anda tanamkan dalam pikiran mereka sebagai orang tua adalah sesuatu yang akan mereka bawa ketika mereka tumbuh dewasa.

Masih terpaku pada pilar disiplin pengasuhan Montessori, ada tiga hal yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan gerakan ini di rumah. Berikut adalah beberapa cara efektif namun kreatif untuk melakukannya:

Tenangkan mereka. Sebagai orang tua, adalah hal normal untuk menginginkan anak Anda menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan. Tetapi ingat bahwa anak Anda masih anak-anak. Mereka memiliki sisa hidup mereka untuk dipelajari. Percayalah bahwa Anda telah menanamkan dalam diri mereka pembelajaran yang cukup (di rumah dan di lingkungan Montessori) agar mereka menjadi lebih baik. Pastikan ada keseimbangan yang cukup antara waktu belajar dan waktu bermain. Keduanya produktif untuk mereka. Penting bahwa mereka mendapatkan tidur yang cukup dan nutrisi yang tepat juga. Semua hal ini harus disatukan jika Anda ingin mereka belajar dan berbuat lebih baik.

Lengkapi mereka dengan alat yang tepat. Anda harus mendukung keinginan anak Anda untuk belajar. Jika mereka bergabung dengan Anda di dapur untuk belajar, biarkan mereka membantu Anda. Jika mereka ingin menggambar, belilah mereka alat menggambar dan mewarnai. Apakah mereka ingin belajar cara mengendarai sepeda? Beli mereka sepeda itu! Semakin mereka dapat berinteraksi dengan sesuatu melalui tangan dan kaki mereka, membuat pikiran mereka semakin terbuka untuk belajar lebih banyak (tetapi dengan cara yang menyenangkan!).

Pergi Keluar dan berjelajah. Belajar dengan cara Montessori tidak terbatas di dalam empat sudut ruang kelas. Dunia adalah ruang kelas mereka! Jadi, biasakan untuk pergi keluar dan berjalan-jalan dengan anak Anda. Biarkan mereka melihat sebanyak mungkin dan berinteraksi dengan alam. Ini akan memicu rasa ingin tahu mereka, dan rasa ingin tahu adalah langkah pertama untuk belajar.

Belajar sebagai orang tua. Ada juga kursus yang tersedia untuk orang tua yang ingin belajar secara mendalam tentang gerakan dan ajaran Montessori. Jika Anda ingin anak Anda menjadi lebih baik, Anda perlu berinvestasi di Montessori untuk kursus orang tua sehingga Anda dapat mendukung pembelajaran mereka di rumah.

Langkah apa yang Anda ambil sebagai orang tua untuk mempromosikan disiplin pengasuhan Montessori di rumah? Apa manfaat yang Anda lihat pada anak Anda sebagai hasilnya?

Anda juga dapat menikmat Penjelasan Lingkungan Disiapkan Montessori

No Comments

Post A Comment