Happy little girl outside the field

Periode Sensitif Anak: Jendela Kesempatan Anda

Bagi Anda yang telah mengikuti filosofi Maria Montessori, istilah ‘Periode Sensitif’ pasti sudah menjadi sangat akrab, tetapi bagi Anda yang tidak terbiasa dengan istilah ini, ini BUKAN tentang waktu ketika anak-anak begitu sensitif dengan perasaan mereka – meskipun seiring waktu, inilah yang akan terjadi jika kebutuhan periode sensitif mereka tidak terpenuhi.

Periode sensitif adalah jendela kesempatan bagi anak-anak untuk belajar tentang keterampilan khusus, selama enam tahun pertama kehidupan mereka. Inilah saatnya ketika mereka belajar untuk menguasai keterampilan tertentu, dengan mudah.

 

Dr. Maria Montessori menemukan bahwa anak-anak memiliki enam periode sensitif:

 

Periode Sensitif Untuk Keteraturan…

Ketika bayi kita masih di dalam rahim, mereka menikmati kehidupan dengan keteraturan yang membuat mereka merasa aman dan nyaman. Keteraturan dari suara detak jantung ibu, keteraturan dari suhu rahim, keteraturan dari aliran makanan, dll.

Kemudian mereka datang ke dunia yang penuh dengan kekacauan ini yang membuat mereka merasa sangat tidak aman!

Mereka tiba-tiba mendengar suara selain suara ibunya dan itu membuat mereka sangat cemas.

Itulah sebabnya dalam 2 tahun pertama kehidupan anak, mereka sangat membutuhkan keteraturan. Kebutuhan akan keteraturan ini adalah proses transisi yang akan membantu mereka beradaptasi di dunia barunya.

Ketika kebutuhan ini terpenuhi, anak-anak akan merasa bahwa dunia ini adalah tempat yang aman untuk hidup seperti rahim.

 

Periode Sensitif Untuk Bergerak …

Tepat setelah mereka dapat menggerakkan tubuh mereka secara mandiri, anak-anak biasanya melewati periode sensitif untuk menjadi mahir dalam bergerak.

Kebutuhan mereka untuk aktivitas motorik kasar tiba-tiba meningkat dan sepertinya mereka tidak bisa diam bahkan untuk satu detik puns. Terkadang orangtua khawatir dan bertanya-tanya apakah anak mereka hiperaktif, tetapi kebanyakan mereka hanya sedang dalam kebutuhan tertinggi untuk melatih otot mereka dan menginginkan eksplorasi fisik.

Membatasi seorang anak dari kebutuhannya untuk bergerak dapat menyebabkan frustrasi dan kemarahan. Ini juga mengurangi peluangnya untuk belajar tentang lingkungannya yang mana hal tersebut sangat baik untuk perkembangan kognitifnya.

 

Periode Sensitif Untuk Benda Kecil …

Anda mungkin memperhatikan bahwa bayi Anda yang merangkak memperhatikan benda-benda kecil dengan sangat serius.

Mereka dapat melihat partikel kecil debu di lantai, mengikuti jejak semut, atau tidak bisa mengalihkan pandangan  dari jerawat di hidung Anda.

 

Anak-anak ini sedang melewati periode sensitif untuk detail kecil dan saat itu terjadi mereka dapat dengan mudah membangun keterampilan fokus dan konsentrasi mereka.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukungnya?

Hindari mempertanyakan atau mengganggu anak Anda yang sedang focus mengamati sesuatu, agar tidak merusak konsentrasinya.

Namun, berhati-hatilah jika anak Anda masih dalam fase oral dan sangat tertarik pada benda-benda kecil karena mereka mungkin memasukkannya ke dalam mulut mereka.

 

Masa Sensitif Untuk Bahasa …

Periode sensitif untuk bahasa ini terjadi bahkan sebelum anak dapat mengucapkan sepatah kata pun.

Seorang anak yang berada dalam periode sensitif untuk bahasa akan sangat sensitif terhadap suara, sangat tertarik ketika diajak bicara dan mereka akan banyak memperhatikan suara manusia.

Mereka menyerap begitu banyak kosakata dengan mudah tanpa menyaringnya, jadi pastikan untuk berbicara menggunakan bahasa yang baik dan pantas di sekitar mereka, bahkan ketika berbicara dengan orang lain.

Ketika anak-anak berada di puncak masa sensitif mereka untuk bahasa, mereka akan menampilkan ledakan kata: mereka tiba-tiba mengingat semua kata yang mereka serap sejak lahir dan mampu mengucapkannya kembali.

 

Periode Sensitif Untuk Eksplorasi Sensorial…

Salah satu kebutuhan perkembangan seorang anak adalah menyempurnakan indera mereka.

Indera adalah alat anak-anak untuk belajar, jadi dalam rangka mempersiapkan diri untuk belajar di masa depan, anak-anak akan terus-menerus memberikan stimulasi pada indera mereka.

Ketika anak-anak berada dalam periode sensitif mereka untuk eksplorasi sensorik, Anda akan melihat bahwa mereka akan menyentuh semua yang mereka lihat.

Untuk anak-anak yang masih dalam fase oral, mereka akan memasukkan semuanya ke dalam mulut mereka.

Apa yang dapat kita lakukan untuk mendukung kebutuhan ini?

Kita bisa berjongkok sesuai tinggi anak dan mengamati lingkungan sekitar melalui perspektif anak. Kemudian, kita bisa menyingkirkan barang-barang yang tidak aman (barang-barang kecil atau tajam) dan hanya menampilkan barang-barang yang aman untuk disentuh dan dijelajahi. Setelah itu, kita bisa berlatih mengucapkan ‘lebih banyak BOLEH, dan lebih sedikit JANGAN.

 

Masa Sensitif Untuk Sosialisasi…

Periode sensitif ini biasanya dimulai sekitar usia  2,5 tahun, atau ketika anak tiba-tiba menunjukkan minat pada keberadaan manusia lain (terutama anak-anak seusia mereka).

 

Fokus mereka sekarang bergeser dari diri mereka sendiri ke orang lain.

Untuk seorang anak yang telah memulai periode ini, mereka akan menikmati untuk mengamati apa yang dilakukan oleh anak-anak lain.

Apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung ini?

Kita dapat mencontohkan perilaku yang baik tentang cara berinteraksi dengan orang lain. Jangan paksa anak-anak bermain bersama atau berbagi mainan dengan anak-anak lain jika mereka masih dalam level pengamatan sosial.

Ketika mereka bertambah usia, perlahan-lahan mereka akan ingin dan bisa bermain dengan anak-anak lain. Jadi, biarkan mereka meluangkan waktu untuk mempelajari keterampilan sosial ini.

 

Kapan Setiap Periode Sensitif Akan Terjadi?

Ini sangat unik untuk setiap anak, tetapi rentangnya sekitar dari lahir hingga usia enam tahun. Beberapa anak mungkin hanya melewati satu periode sensitif pada satu waktu, sedangkan yang lain mungkin mengalami sedikit tumpang tindih antara periode-periode sensitif tersebut.

Beberapa mungkin mengalami satu periode sensitif dan tidak pernah melewatinya lagi, beberapa mungkin mengulangi periode sensitif yang telah mereka lalui sebelumnya.

Ini benar-benar tergantung pada guru di dalam diri mereka, hanya mereka yang tahu keterampilan mana yang perlu mereka kuasai terlebih dahulu dan kapan mereka merasa cukup atau perlu lebih banyak waktu untuk menguasainya.

 

Apa Yang Terjadi Jika Anak-Anak Kehilangan Masa Peka Mereka?

Beberapa anak mungkin kehilangan periode sensitif mereka karena berbagai alasan seperti pembatasan atau terlalu banyak interferensi dari orangtua, penyakit jangka panjang dll …

Namun, mereka masih akan dapat mempelajari keterampilan itu nanti. Akan tetapi mereka akan membutuhkan lebih banyak usaha dan pengulangan untuk menguasai keterampilan itu, sedangkan anak-anak yang belajar keterampilan selama periode sensitif mereka akan menguasainya dengan mudah karena kinerja otak mereka sedang berada pada puncaknya.

 

Mengapa Penting Bagi Orangtua Untuk Memahami Periode Sensitif Anak?

Anak-anak memiliki tenggat waktu yang sangat ketat untuk menguasai keterampilan-keterampilan penting yang mereka butuhkan. Itulah mengapa mereka cenderung frustrasi ketika mereka merasa bahwa orang dewasa dan lingkungan di sekitar mereka tidak mendukung kebutuhan mereka untuk menguasai keterampilan itu.

Biasanya kita hanya melihat hal-hal dari sudut pandang kita, bahwa anak-anak kita tidak berperilaku seperti yang kita harapkan.

Tetapi ketika kita dapat melihat hal-hal dari sudut pandang seorang anak, kita akan melihat bahwa segala sesuatu yang mereka lakukan memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang mereka, kita akan memahami dan pada akhirnya kita akan lebih banyak mendukung mereka dan lebih sedikit membatasi.

Pada akhirnya, periode sensitive bukan hanya jendela kesempatan bagi anak untuk belajar, tapi juga sebuah kesempatan bagi kita, orang tua, untuk memahami kebutuhan tumbuh kembang anak dan membantu anak kita untuk tumbuh dan berkembang sesuai potensi mereka.

 

Damar Wijayanti
Lulusan Diploma Montessori Online

“Sebagai seorang ibu dengan anak yang sedang sangat aktif dan beberapa pekerjaan yang menumpuk, saya menemukan Program Diploma Online Sunshine Teachers’ Training sangat membantu karena semua modul dapat disesuaikan dengan kecepatan pribadi dan kuis-kuis tidak diatur waktunya sehingga saya dapat mengerjakannya kapan pun saya merasa nyaman untuk melakukannya (kebanyakan pertengahan malam setelah putriku tidur).

Para mentor juga sangat mudah dihubungi melalui email atau WA sehingga saya dapat mendiskusikan masalah yang saya alami selama studi dan menemukan cara terbaik untuk mengatasi masalah itu. Modul-modulnya mudah diikuti, video presentasi tidak terlalu lama untuk ditonton (Anda tidak akan bosan sama sekali), dan pada saat yang bersamaan dikemas dengan informasi yang Anda butuhkan.

Ini adalah investasi terbaik bagi saya, terutama karena saya menyelesaikan studi tepat waktu ketika saya merasa perlu memberikan homeschooling untuk anak saya selama pandemi covid-19. Saya merekomendasikan program ini kepada setiap profesional yang ingin mengejar karir dalam pendidikan anak atau orangtua yang ingin membantu perkembangan holistik anak-anak di rumah.

45 Tanggapan

  1. Üvey Kardeşler Yakalandı Üvey Kız Kardeşler BFF “Ciddi olarak biraz alete ihtiyacım var!” S19:E4.
    Bacaklarımı ayırıp arasına yanaştı, kendinden türk türk kadın ve bir eliyle fermuarimi
    acmaya calisiyor bir elile basimdan asagiya bastiriyordu, gözlerim
    açtığımda. Hemen peçete ile silerek eski durumuna soktum.

    Here is my page; orgazm 3

  2. Right here is the perfect web site for anyone
    who really wants to find out about this topic. You realize so much its almost hard to argue with you (not that I actually will need to…HaHa).
    You definitely put a new spin on a topic that has been discussed
    for decades. Great stuff, just wonderful!

    my webpage: Secrets to Mastering GPT Cash Machine

  3. I loved as much as you will receive carried out right
    here. The sketch is attractive, your authored subject matter
    stylish. nonetheless, you command get got an impatience over that you wish be delivering
    the following. unwell unquestionably come further formerly again since
    exactly the same nearly a lot often inside case you shield this increase.

    Also visit my website Lillie

  4. I like the helpful info you supply for your articles.
    I will bookmark your blog and take a look at once more right here
    regularly. I’m somewhat certain I’ll learn a lot of new stuff right here!

    Best of luck for the next!

    Feel free to visit my web blog … biaxin à acheter en ligne

  5. Hello just wanted to give you a quick heads up. The words in your content seem to be running off the
    screen in Safari. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with web browser compatibility but I thought I’d post
    to let you know. The design look great though!
    Hope you get the problem fixed soon. Kudos

    Feel free to visit my blog post vente en ligne de viagra en France

  6. Spot on with this write-up, I seriously think this web site
    needs a lot more attention. I’ll probably be returning to
    see more, thanks for the info!

    Have a look at my web page – Dillon

  7. I am really enjoying the theme/design of your blog.

    Do you ever run into any web browser compatibility issues?
    A number of my blog readers have complained about my website not working correctly
    in Explorer but looks great in Safari. Do you have any suggestions
    to help fix this issue?

    Also visit my website: Adell

  8. I do not even understand how I finished up here, but I believed
    this put up used to be good. I do not realize who you are but definitely you’re going to a well-known blogger if you are not already.
    Cheers!

    Here is my web blog :: acheter proventil en Suisse

  9. Do you have a spam problem on this website; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have created
    some nice methods and we are looking to swap strategies with other folks, please shoot me an email if interested.

    Also visit my site – kaufe ciprofloxacine legal in Belgien

  10. Its like you learn my thoughts! You appear to grasp
    so much approximately this, like you wrote the e-book in it or something.
    I think that you could do with a few % to power the message house a bit,
    but instead of that, that is fantastic blog. An excellent read.
    I’ll certainly be back.

    Feel free to visit my homepage prijs van noroxin in Den Haag

  11. At this moment I am ready to do my breakfast, after having
    my breakfast coming over again to read other news.

    Feel free to surf to my webpage … Karri

  12. I loved as much as you’ll receive carried out right here.
    The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish.
    nonetheless, you command get bought an edginess over that you wish be delivering the following.

    unwell unquestionably come more formerly again as exactly the
    same nearly very often inside case you shield this hike.

    Feel free to surf to my web blog – Online-Kauf von Medikamenten in Belgien

  13. This is very fascinating, You are a very professional blogger.
    I have joined your rss feed and look ahead to looking for
    more of your magnificent post. Additionally, I have shared your web site in my social networks

    Feel free to surf to my website … Sonya

  14. Definitely believe that that you stated. Your favourite reason appeared to be at the internet the easiest thing to take into accout of.
    I say to you, I certainly get irked even as folks think about
    worries that they just do not recognise about.
    You managed to hit the nail upon the top and also defined out the entire thing with no need
    side effect , folks could take a signal. Will likely be again to get more.
    Thanks

    My blog :: xenical sin receta disponible en España

  15. An interesting discussion is worth comment. I do think that you
    should write more on this topic, it might not be a taboo subject but
    generally folks don’t discuss such subjects. To the next!

    Best wishes!!

    Feel free to visit my website :: acquista selecom online in Spagna

  16. Hi to all, because I am genuinely eager of reading this weblog’s post to
    be updated daily. It consists of pleasant material.

    Here is my web site; vpn 2024

  17. Do you mind if I quote a few of your posts as long as I provide credit and sources back to your webpage?
    My blog site is in the very same area of interest as yours and my visitors
    would definitely benefit from some of the information you
    provide here. Please let me know if this ok with you.

    Cheers!

    My web site :: Acheter de la aldactone en ligne en toute sécurité

  18. Hi there, i read your blog occasionally and i own a similar one
    and i was just curious if you get a lot of spam remarks?
    If so how do you protect against it, any plugin or anything you can advise?
    I get so much lately it’s driving me crazy so any support is very much appreciated.

    Here is my blog post … sprzedaż online vermox w Krakowie

Post a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Montessori Diploma 3-6 Years Online Course
Montessori Lower Elementary 6-9 Years Certificate Course
Montessori Certificate 3-6 Years Online Course
Short Certificate Courses 2-6 Years for Parents and Educators