Jadikanlah Sekolah yang Terbaik untuk Anak-Anak Anda….

Latihlah Guru-Guru Anda

Mengapa Menyediakan Pelatihan Untuk Guru-Guru Anda?

Tingginya tingkat pergantian guru-guru di pra-sekolah / sekolah sudah menjadi hal yang biasa. Ini terjadi karena guru-guru perlu sesuatu yang lebih menantang dan perlu belajar hal-hal yang baru. Bagaimanapun juga, mengerjakan hal-hal yang sama berulang-ulang setiap tahun, sudah pasti akan membosankan.

Program Pelatihan Yang Berharga untuk Guru-Guru Anda…

  • Mereka akan tetap termotivasi dan senang dengan pekerjaannya.
  • Menginspirasi mereka.
  • Merasa diperhatikan oleh Anda.
  • Membantu meningkatkan kepribadian mereka.
  • Merasa terjamin untuk tetap bekerja dengan Anda.

Workshop Populer Yang Sangat Bermanfaat Bagi Guru-Guru Anda

Perkembangan Anak – 3 Jam

Pemahaman yang baik mengenai anak memungkinkan para guru mengeluarkan potensi terbaik dari anak-anak.

Para Guru akan belajar:

Apa itu tonggak penting (milestone) Anak?
Mengapa penting untuk mengetahui tonggak penting anak-anak?
Tonggak penting apa saja untuk anak-anak dengan kelompok umur yang berbeda (2-6 tahun): Fisik (motorik kasar dan halus), kognitif, bahasa, sosial dan emosional.
Bagaimana memanfaatkan pengetahuan ini untuk membantu anak-anak mencapai kemampuan terbaiknya.

Membuat Cerita Menjadi Hidup

Cerita adalah cara yang hebat untuk mengenalkan kemampuan baca tulis pada anak-anak. Namun demikian, tidak semua anak tertarik untuk mendengarkan pada saat guru membacakan cerita dari suatu buku – setiap anak belajar dengan cara yang berbeda.

Dalam workshop ini, para guru akan belajar:

Arti penting dari Penuturan Cerita (Storytelling)
Bagaimana bercerita dalam berbagai cara berbeda yang akan memikat hati anak-anak.
Cara membantu memperkuat bahasa oral anak, dan kemampuan baca tulisnya.

Musik & Gerakan – 3 Jam

Secara alami, anak-anak mencintai musik dan mereka belajar melalui tubuh mereka. Dengan memahami hal ini, bagaimana Anda memaksimalkan pembelajaran anak Anda?

Dalam workshop Gerakan Kreatif ini, para guru akan belajar:

  • Manfaat dari musik dan gerakan dan cara memaksimalkan pembelajaran anak dengannya.
  • Lusinan ide baru untuk menggabungkan pembelajaran dan gerakan dalam kelas.
  • Memperluas pelajaran/tema ke dalam aktivitas musik & gerakan.

Perkembangan Profesional – 3 Jam

Para Guru harus bergerak secara profesional sepanjang waktu. Hal ini penting bagi sekolah tempatnya bekerja.

Dalam workshop ini, para guru akan mempelajari:

  • Memahami dan menghargai visi dan nilai-nilai sekolah Anda.
  • Kemampuan yang sesuai untuk berkomunikasi dengan anak-anak, orangtua, rekan kerja dan atasan/kepala sekolah.
  • Cara berdiskusi dengan orangtua mengenai anak mereka selama pertemuan dan pelaporan.
  • Cara untuk tetap termotivasi dan produktif.
  • Bagaimana mengatur diri sendiri agar profesional dalam bermedia sosial.
  • Pedoman agar para guru selalu bernilai tinggi bagi sekolah Anda.

 

Sebelum workshop ini, kami akan memerlukan sesi selama 30 menit dengan kepala sekolah (secara langsung atau melalui telepon) untuk berdiskusi mengenai visi dan pedoman sekolah yang telah Anda jalankan bagi guru-guru Anda.

Perencanaan Kurikulum – 3 Jam

Banyak sekolah PAUD mengajar anak-anaknya dengan menggunakan tema (pembelajaran tematik). Namun, ini menjadi efektif hanya jika para guru tahu cara merencanakan tema yang dapat mencakup semua area pada kurikulum.

Dalam workshop ini, para guru akan belajar:

  • Tema-tema yang dapat Anda implementasikan pada kelompok umur yang berbeda-beda.
  • Merencanakan dan menyusun strategi tema.
  • Perencanaan pelajaran – pada semua area untuk membantu mengembangkan: Kemampuan motorik kasar & halus, bahasa, matematika, ilmu pengetahuan, kemandirian dan kemampuan halus lainnya seperti: komunikasi, pengambilan keputusan, negosiasi dll…
  • Implementasi dari berbagai kegiatan.
  • Penilaian atas efektivitas kegiatan-kegiatan.

Lompatan ke dalam Literasi – 3 Jam

Bagaimana para guru dapat menempatkan dasar yang kuat dalam hal baca tulis dengan anak dari umur 1,5 tahun ke atas? Dalam workshop ini, para guru akan belajar:
  • Cara menyiapkan kegiatan dan membuat material untuk mengenalkan anak-anak pada kegiatan membaca dan menulis.
  • Cara mempresentasikan kegiatan-kegiatan ini kepada anak-anak dengan berbagai kelompok umur.
  • Cara berinteraksi dan mengeluarkan potensi terbaik anak-anak selama kegiatan berlangsung.
  • Cara merencanakan, menyusun strategi dan menyiapkan kegiatan yang sesuai umur anak.

Filosofi Montessori – 6 Jam

Filosofi Montessori akan membawa para guru melalui perjalanan memahami anak-anak.

Para guru akan mempelajari:

  • Periode sensitif anak.
  • Ingatan Penyerap pada anak.
  • Hukum perkembangan alami anak.
  • Cara menggunakan pengetahuan di atas agar anak-anak bekerja dengan Anda, bukan melawan Anda.

Kurikulum Montessori

Semakin banyak sekolah PAUD yang mengenalkan material Montessori dalam sekolah mereka; tetapi kemampuan dan pengetahuan guru-guru mereka masih kurang mendalam untuk menerapkannya. Hai ini mengakibatkan material menjadi sia-sia dan kurang terapresiasi. Para guru akan memperoleh pengetahuan yang mendalam atas material Montessori dalam area-area berikut:
  • Kegiatan Kehidupan Praktis (6 jam)
  • Pendidikan Sensorik (9 jam)
  • Bahasa (9 jam)
  • Matematika (12 jam)
  • Studi Budaya (12 jam)

Mengapa Banyak Sekolah Mencintai Kami…

Senang sekali bisa mengenal Montessori dan Sunshine Teachers Training Montessori. Dengan mengenal Montessori lebih dalam lagi melalui Sunshine Teachers Training, banyak merubah cara saya dalam menghadapi seorang anak, terutama pada anak saya. Setelah belajar Montessori, saya banyak flashback kebelakang pas saya jadi guru, dan banyak hal yang saya sesalkan dalam cara saya merespon ke murid-murid saya dahulu, andaikan sudah dari 10 tahun yang lalu saya mengenal Montessori. Tidaklah mudah untuk mengubah paradigma yang sudah tertanam lama, dulu partner kerja saya mengajarkan saya jurus ini "yg guru saya atau kamu" lalu murid akan menjawab saya, dan saya kan menjawab, "kalau saya yang guru, maka kamu harus mendengarkan saya". Tapi di Montessori berbeda, kita harus follow the child, mengikuti minat anak, tidak memaksakan tapi mencari jalan supaya anak tertarik belajar. Mengamati anak, mencari akar masalah yag terdalam, dan bukan menegur anak dari permukaan yang kelihatan dan masih banyak lagi. Sungguh saya belajar banyak, berusaha untuk rela ngikutin anak dan waktu saya terapkan ke anak saya follow the child dan saya tidak memaksakan, maka anak saya secara emosional terlihat jauh lebih baik, secara karakter juga malah jadi lebih nurut dan pengertian dan yang pasti mandiri. Andaikan setiap orang tua dan guru tahu filosofi Montessori, anak-anak akan tumbuh dan berkembang dengan bahagia.

Ingin Konsultasi GRATIS tentang Melatih Guru-guru Anda…

Ingin Konsultasi GRATIS tentang Melatih Guru-guru Anda…