Benefits of Montessori Learning Tower

Manfaat Learning Tower (+ di mana membelinya!)

Balita meningkatkan keberanian dan rasa ingin tahu ketika mereka belajar berdiri (sejak usia sembilan bulan untuk beberapa bayi). Hal ini tentu sangat baik karena inilah cara mereka menemukan dunia, menggunakan indra mereka, dan mempelajari apa yang dapat dilakukan oleh tubuh mereka, mulai dari berjalan, memanjat, melompat, meraih barang, dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua, tentu Anda merasa khawatir tentang bagaimana dan di mana Anda dapat membiarkan mereka bergerak untuk alasan yang baik. Anak Anda baru saja mulai mengembangkan keterampilan motorik dan masih memiliki perjalanan yang panjang. Ini merupakan dilema yang cukup besar, karena hal terakhir yang Anda inginkan adalah menghambat perkembangan mereka. 

Pembelajaran Montessori mengajarkan tentang hal ini dan telah mengembangkan alat untuk membantu anak-anak dan orang tua, yaitu  Learning Tower, yang juga dikenal sebagai Kitchen Helper. Apa saja keunggulan dari menara belajar ini yang membuatnya unik? Bagaimana anak-anak dapat belajar dari alat ini? Lebih penting lagi, di mana kita bisa membelinya? Tulisan ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan lebih banyak informasi lainnya.

Seperti apakah Learning Tower itu?

Learning Tower adalah sebuah perabotan sederhana yang membantu orang tua untuk dapat melibatkan anak-anak mereka dengan nyaman dan aman dalam mengerjakan berbagai aktivitas di dapur, wastafel, meja makan, dan sebagainya. Alat ini memungkinkan anak untuk memanjat dan berdiri lebih tinggi di atas platform yang lebih aman ketika mereka mengeksplorasi dan belajar berbagai aktivitas di rumah, mulai dari memanggang kue, memasak, mencuci tangan, bersih-bersih, dan masih banyak lagi.

Berbeda dengan kursi makan, bangku biasa, dan tangga pendek,  Learning Tower dirancang khusus untuk memberikan keberanian pada anak-anak untuk dapat melakukan berbagai tugas secara mandiri sambil juga menjaga keselamatan mereka setiap saat dengan menggunakan pijakan, panel, dan pagar pengaman.

Bagaimana Learning Tower sejalan dengan lingkungan Montessori

Ruangan Montessori penuh dengan mainan sederhana dan material pembelajaran yang merangsang otak anak, serta peralatan dan furnitur yang fungsional untuk memotivasi diri sendiri dan mendorong anak-anak untuk belajar dan berkembang dengan kecepatan mereka sendiri. Sebagian besar material dibuat dengan bahan alami dan memiliki tekstur yang berbeda, memungkinkan anak-anak untuk menemukan permukaan yang berbeda. Learning Tower berasal dari ide yang sama – untuk menciptakan lingkungan yang mendorong eksplorasi dan kemandirian.

Dengan menggunakan Learning Tower, anak balita dapat dengan mudah naik dan mengakses permukaan yang lebih tinggi, seperti rak buku, meja makan, meja dapur, dll.

Montessori education promotes the use of learning towers

 

Manfaat Learning Tower

1. Lebih aman

Dibandingkan dengan tangga dan kursi, Learning Tower  jauh lebih aman. Alat ini dibuat dengan dimensi dan fitur keselamatan yang spesifik untuk memberikan keamanan. Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan basis yang lebih lebar, sehingga lebih stabil dan kokoh. Banyak Learning Tower yang dapat Anda temukan di pasaran yang dilengkapi dengan penutup di keempat sisinya untuk keselamatan maksimal.

2. Mendorong kemandirian

Anak-anak belajar melalui bermain, dan cara terbaik untuk mengajarkan mereka keterampilan praktis dan pekerjaan rumah tangga adalah dengan melibatkan mereka. Learning Tower memungkinkan Anda untuk melibatkan anak ke dalam berbagai aktivitas rumah tangga dengan aman. Itulah sebabnya pendidikan Montessori mendukung penggunaannya yang dapat mengembangkan naluri anak untuk melakukan sesuatu secara mandiri.

3. Anda dapat menghabiskan waktu yang berkualitas dengan buah hati

Selain dapat membuat anak-anak naik turun dengan aman, orang tua juga dapat melibatkan mereka dalam aktivitas utama di rumah, seperti memasak atau memanggang kue, mencuci tangan, mempersiapkan makanan, dan lain sebagainya. Untuk balita yang lebih besar, Anda dapat mengajari mereka cara memotong sayuran menggunakan pisau yang aman, menambahkan bumbu pada makanan, mencampur bahan kue, dan lain sebagainya.

Cara memilih Learning Tower

Sekarang Anda sudah mengetahui manfaat dari  Learning Tower, lalu bagaimana cara memilih Learning Tower yang tepat untuk anak Anda?

Sama seperti hal lainnya dalam kehidupan pada umumnya, tidak semua Learning Tower dibuat sama. Beberapa dibuat dengan bahan yang lebih berkualitas, dibangun dengan lebih kuat, dan didesain dengan lebih baik, sedangkan yang lain dilengkapi dengan fitur-fitur yang berguna dan dapat memberikan kenyamanan.

 

How to choose a Montessori Learning Tower

Mempertimbangkan kemampuan anak

Desain dan fitur Learning Tower yang Anda pilih perlu didasarkan pada tahap perkembangan dan kemampuan anak. Anak Anda harus bisa masuk ke dalamnya dan dapat menggunakannya selama beberapa tahun ke depan.

 

Mempertimbangkan ruangan

Learning Tower dibuat dalam berbagai bentuk dan ukuran. Secara umum, bentuknya ramping dan dapat masuk ke dapur yang kecil dengan baik. Namun, beberapa desain dibuat khusus untuk lebih stabil dan cocok dengan area yang lebih besar dan luas.

 

Otonomi versus Keamanan

Beberapa orang tua lebih memilih peralatan dengan fitur keselamatan tambahan, seperti platform yang sepenuhnya tertutup. Jenis Learning Tower ini lebih stabil dan lebih aman, memberikan ketenangan bagi orang tua.

 

Di mana saya bisa mendapatkan Learning Tower  terbaik?

Seperti kebanyakan material Montessori, Learning Tower tersedia di banyak tempat, mulai dari toko online Montessori, toko perlengkapan bayi, hingga situs belanja online (Shopee, Tokopedia, dll.). Secara umum, harganya relatif terjangkau dan tahan lama.

Ketika memilih Learning Tower untuk dibeli, pastikan untuk membaca ulasan yang cukup dan membeli hanya di toko terpercaya agar terhindar dari barang palsu dan barang berkualitas rendah.

7 Tanggapan

  1. Ping-balik: situs toto
  2. Ping-balik: trustbet
  3. Ping-balik: Relex smile

Comments are closed.

Montessori Diploma 3-6 Years Online Course
Montessori Lower Elementary 6-9 Years Certificate Course
Montessori Certificate 3-6 Years Online Course
Short Certificate Courses 2-6 Years for Parents and Educators