best kindness activities for kids

Kegiatan untuk Mengajarkan Kebaikan dan Kasih Sayang pada Anak

Ya, kebaikan bisa diajarkan. Namun, penting untuk memulainya sejak dini sehingga anak Anda dapat belajar pentingnya menunjukkan kebaikan dan kasih sayang kepada orang lain. Ini adalah cara yang baik untuk mengubah kecenderungan alami seorang anak untuk menjadi egois – yang merupakan hal normal pada usia mereka. Temukanlah kegiatan yang menyenangkan dan efektif sehingga anak-anak dapat belajar bagaimana cara menunjukkan kebaikan dan kasih sayang kepada orang lain.

Tips Sebelum Melibatkan Anak dalam Kegiatan yang Mengajarkan Kebaikan

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda coba untuk mendorong anak-anak menjadi baik dan penyayang. Prinsip utama adalah memulai dengan empati. Biarkan anak-anak tahu bahwa mereka harus memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan. Semakin mereka memahami hal tersebut, maka semakin mudah bagi mereka untuk menunjukkan kebaikan kepada orang lain.

Anak-anak menyerap informasi seperti spons yang menyerap air. Mereka bertindak dan belajar berdasarkan apa yang mereka lihat dari orang lain. Sederhananya, mereka meniru berdasarkan contoh yang Anda tetapkan. Oleh karena itu, Anda tidak dapat mengajarkan kebaikan dan kasih sayang kepada anak-anak jika Anda sendiri tidak menunjukkannya.

Dengan melihat Anda menunjukkan perilaku positif akan memberikan dampak yang lebih besar pada perilaku mereka sendiri daripada jika Anda hanya mengatakannya kepada mereka. Kegiatan apa pun yang melibatkan mereka dapat dirancang untuk mengembangkannya. Dengan kata lain, hal ini harus selalu dimulai dari Anda yang memimpin dengan memberikan contoh.

6 Kegiatan untuk Mengajarkan Kebaikan kepada Anak

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan anak-anak untuk mengembangkan perilaku baik seiring dengan bertambahnya usia mereka.

 

  1. Permainan Team-Building bersama teman-teman

Salah satu cara yang efektif untuk mempelajari dan menerapkan kebaikan adalah ketika anak bermain bersama teman-temannya. Anda dapat mendorong anak Anda untuk berpartisipasi dalam permainan Team-Building yang mengharuskan mereka untuk bekerja sama dengan orang lain.

Melibatkan anak-anak dalam kegiatan ini akan mengajarkan mereka untuk bekerja sama dan menunjukkan simpati kepada orang lain. Amati dan dukung mereka ketika mereka menunjukkan perilaku yang positif terhadap orang lain.

  1. Libatkan anak dalam kegiatan amal

Jika Anda dan keluarga suka menyumbangkan barang-barang seperti mainan dan pakaian pada organisasi amal di lingkungan sekitar Anda, ajak anak-anak untuk ikut serta. Anda dapat meminta mereka untuk memilih mainan atau pakaian yang tidak lagi mereka gunakan. Barang-barang tersebut dapat disumbangkan kepada orang yang membutuhkan. Dengan melibatkan mereka dalam kegiatan ini, mereka akan belajar arti berbagi dan memberi kepada orang lain.

Pastikan Anda menjelaskan kepada anak-anak apa yang mereka lakukan sehingga mereka dapat sepenuhnya menghargai pentingnya tindakan tersebut.

  1. Ajak anak untuk menjadi sukarelawan

Terdapat beberapa cara untuk terlibat dalam program sukarelawan di lingkungan sekitar Anda. Bahkan anak-anak prasekolah dapat terlibat dalam jenis kegiatan ini, yang mengajarkan mereka nilai kebaikan dan kasih sayang. Menjadi sukarelawan dapat membuka mata mereka tentang pentingnya berbagi kepada orang lain dengan cara memberikan waktu dan usaha mereka untuk tujuan yang lebih besar.

Anda dapat membiarkan anak Anda memilih apa yang mereka inginkan untuk menjadi sukarelawan. Misalnya, mereka dapat menjadi sukarelawan di tempat penampungan hewan atau bank makanan. Pastikan untuk mendiskusikan pengalaman dengan anak Anda setelah kegiatan selesai.

 

  1. Ajarkan untuk membantu sesama

Kegiatan ini dapat dilakukan di sekolah atau di area bermain. Atau di mana pun anak-anak memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Dukunglah mereka untuk membantu anak yang sedang mengalami kesulitan. Dorong mereka untuk menawarkan bantuan, tidak peduli seberapa besar atau kecil tindakan itu.

  1. Bacakan buku tentang kebaikan

Anak-anak menyukai buku dan cerita. Salah satu cara terbaik untuk mengajari mereka tentang kebaikan dan kasih sayang adalah dengan membacakan mereka cerita tentang kebaikan dan kasih sayang. Ada beberapa cerita yang bisa Anda pilih yang sesuai dengan usia dan perkembangan mereka. Buku-buku ini telah dirancang untuk memberikan pelajaran tentang berbuat kebaikan terhadap sesama manusia (atau hewan, tergantung pada jenis ceritanya).

Pastikan untuk membaca setidaknya satu buku per minggu. Sebaiknya fokus pada satu buku pada satu waktu sehingga mereka memiliki kesempatan untuk menyerap sepenuhnya makna yang terkandung dalam setiap buku.

  1. Berikan toples kebaikan

Konsep toples kebaikan adalah alat yang sangat membantu untuk mengajari anak Anda tentang kebaikan dan kasih sayang. Kegiatan ini juga memberikan penguatan positif dan motivasi untuk melakukan sesuatu yang baik bagi orang lain. Tentunya lebih efektif untuk mengembangkan perilaku positif pada anak Anda daripada mendisiplinkan mereka karena melakukan sesuatu yang negatif.

Bagaimanakah cara Anda mengajarkan kebaikan dan kasih sayang kepada anak Anda? Jika Anda bingung, Anda dapat memulai dengan salah satu kegiatan yang disebutkan di atas dan melihat kegiatan apa yang dapat memberikan hasil terbaik untuk Anda.