fbpx

Kegiatan Produktif Untuk Anak-anak Selama Lockdown Virus Corona

Pandemi Virus Corona telah membuat kehidupan orang-orang terhenti. Dampaknya terasa di seluruh dunia dan ini memaksa anak-anak untuk tidak dapat bersekolah (karena sebagian besar kelas di seluruh dunia telah ditangguhkan), seperti halnya telah memaksa bisnis untuk tutup sementara. Kebutuhan akan karantina menyebabkan orangtua tiba-tiba memiliki banyak waktu di rumah bersama anak-anak mereka. Tanpa akhir yang jelas dari kekacauan pandemi ini, penting bagi orangtua untuk memikirkan bagaimana menjaga anak-anak mereka tetap sibuk dengan kegiatan yang produktif. Khususnya, kegiatan belajar tidak boleh terhenti hanya karena anak-anak “dikurung” di rumah Anda.

Berikut ini adalah beberapa kegiatan produktif yang dapat melibatkan anak-anak Anda. Merupakan hal yang penting untuk fokus pada kegiatan yang produktif sehingga Anda masih dapat mendorong pembelajaran di rumah, terutama saat kelas di sekolah ditiadakan. Ada sejumlah ide jika Anda mencari pembelajaran yang aktif untuk anak-anak Anda.

Latihan Membaca

Tinggal di rumah bukanlah alasan untuk tidak belajar dengan anak-anak Anda. Anda dapat melakukan banyak latihan membaca untuk meningkatkan keterampilan membaca dan bahasa mereka. Kumpulkan buku-buku yang Anda miliki di rumah dan buat anak-anak Anda membaca setidaknya satu buku per hari. Ini bisa berupa buku apapun – buku cerita, buku bergambar, dan buku interaktif.

Tujuannya adalah untuk membantu anak Anda mengembangkan pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap kata-kata dan bahasa. Penting untuk memilih buku yang akan mendorong mereka untuk terlibat aktif karena akan memfasilitasi lebih banyak pembelajaran. Semakin banyak bantuan visual yang dimiliki buku tersebut, semakin baik juga untuk anak-anak Anda!

Games Tentang Pelajaran

Penting untuk membiarkan anak-anak Anda bermain dan bersenang-senang saat masa lockdown ini. Ini sangat penting untuk membantu mereka memerangi kebosanan. Tetapi bermain game juga bisa produktif jika Anda memilih game pembelajaran yang tepat. Ada banyak pilihan untuk permainan edukatif seperti Brain Trainer, Funbrain, dan Rush Hour. Jika memungkinkan, biarkan anak Anda memilih game mana yang ingin mereka mainkan karena ini akan membuat mereka lebih terlibat. Game-game ini dirancang untuk menjadi menyenangkan sekaligus menggabungkan pembelajaran di dalam prosesnya.

Jika Anda tidak memiliki alat yang diperlukan untuk memainkan game-game ini, Anda selalu dapat mengunduh aplikasi di ponsel atau di komputer. Terdapat banyak aplikasi bagus yang akan membantu pembelajaran saat anak Anda bermain.

Berlatih Alat Musik

Belajar tentang cara memainkan alat musik merupakan kegiatan produktif lain yang dapat Anda lakukan dengan anak Anda saat masa lockdown. Jika anak Anda ingin belajar cara memainkan alat musik, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Anda dapat menemukan video instruksional di Youtube atau aplikasi.

Tidak perlu mendaftarkan anak Anda dalam pelajaran musik (itu adalah sesuatu yang paling baik dilakukan ketika anak-anak benar-benar ingin berkembang dengan kegiatan tersebut). Tetapi untuk sekarang, Anda dan anak-anak Anda dapat menikmati proses belajar tentang bagaimana memainkan alat musik di rumah. Musik juga dapat memberikan keajaiban bagi otak anak Anda, jadi Anda mendapatkan bonus tambahan!

Jadilah Kreatif

Apakah anak-anak Anda menyukai hal-hal tentang kerajinan tangan dan menjadi kreatif? Ini adalah ide bagus untuk kegiatan yang akan mereka nikmati selama lockdown Virus Corona. Anda dapat mengeluarkan perlengkapan kerajinan tangan dan mengajak anak-anak Anda untuk membuat sesuatu yang kreatif. Mereka dapat mewarnai buku gambar, menggambar, membuat kartu, dan masih banyak lagi!

Anda juga dapat mengeluarkan playdough dan mengajak anak-anak Anda membentuk benda-benda yang mereka inginkan. Sebagai orangtua, Anda harus membiarkan anak-anak Anda menjadi kreatif. Berikan mereka perlengkapan yang mereka butuhkan dan lihat apa yang bisa mereka hasilkan. Anda akan terkejut dengan apa yang mereka dapat lakukan dengan menggunakan tangan dan imajinasi mereka! Ini adalah kegiatan yang menyenangkan yang cocok untuk anak-anak yang lebih muda dan lebih tua.

Berburu Barang

Anak-anak suka berburu barang! Dengan demikian, kegiatan ini adalah ide bagus untuk membuat mereka sibuk dan produktif di masa lockdown. Perburuan barang mudah disiapkan dan juga cara yang bagus untuk menjaga pikiran dan tubuh mereka bekerja secara bersamaan. Hanya karena Anda terkunci, itu tidak berarti Anda harus benar-benar terpenjara di dalam rumah.

Anda bisa membuat mereka pergi ke halaman belakang rumah Anda untuk berburu barang yang menyenangkan. Perburuan barang akan menguntungkan mereka secara fisik karena mereka dapat menikmati ruang luar sambil tetap menjadi aktif. Pada saat yang sama, ini akan meningkatkan keterampilan pengamatan dan kognitif mereka saat mereka menguraikan petunjuk. Hasil positif lain yang bisa mereka dapatkan dari kegiatan ini adalah kemampuan untuk memahami dan mengatur emosi mereka.

Ayo Memasak

Undang anak-anak Anda ke dapur dan ajak mereka bergabung dengan Anda untuk memasak. Anak-anak secara alami cenderung untuk belajar sehingga ini akan menjadi kegiatan lain yang menyenangkan bagi mereka untuk terlibat. Anda dapat mulai dengan resep sederhana seperti memanggang kue kering. Pada akhirnya, Anda dapat mencoba resep yang berbeda setiap hari sampai Anda dapat melanjutkan untuk membuat kue.

Memanggang adalah salah satu kegiatan yang disarankan untuk anak-anak karena memiliki banyak peluang untuk menjadi kreatif. Misalnya, Anda bisa membiarkan mereka mencampur bahan atau menghias kue yang dipanggang setelah selesai. Sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi anak-anak untuk makan sesuatu yang telah mereka bantu untuk buat.

Biarkan Mereka Menikmati Tv, Juga!

Anda harus membatasi screen time anak-anak Anda saat lockdown akibat wabah Virus Corona. Namun, sangat diperbolehkan untuk membiarkan mereka menonton TV selama beberapa jam setiap hari. Jika memungkinkan, pilihlah acara dan program tentang pendidikan. Pilihlah saluran atau acara yang ideal yang akan membuat mereka tetap terlibat dan juga belajar pada saat yang sama.

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Terakhir tetapi tidak kurang pentingnya, Anda dapat melibatkan anak-anak Anda dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah tangga. Penting untuk tidak hanya mendorong pembelajaran akademik pada anak-anak. Anda harus bisa mengajari mereka keterampilan hidup yang penting. Di sinilah pentingnya mengenalkan tugas-tugas dasar rumah tangga pada anak.

Kesimpulan

Dikarenakan dunia dipenuhi dengan awan ketidakpastian terkait dengan berakhirnya pandemi Virus Corona, penting untuk memperhatikan perintah pemerintah dengan serius. Jaga anggota keluarga Anda (dan terutama anak-anak dan orang tua) di rumah untuk memastikan bahwa mereka tidak tertular virus. Sementara itu, kegiatan yang disebutkan di atas diharapkan memberi Anda banyak ide sehingga anak-anak Anda tidak bosan saat mereka tetap belajar di waktu yang sama.

Apakah Anda memiliki ide kegiatan lain yang belum disebutkan dalam artikel ini? Berikan komentar di bawah ini untuk menambahkan saran yang bermanfaat untuk orangtua lain 🙂

No Comments

Post A Comment