benefits of growth mindset in kids

Cara Mengajarkan Growth Mindset pada Anak

Growth Mindset atau pola pikir bertumbuh merupakan hal yang penting untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup. Jika Anda menginginkan anak untuk menjadi sukses di kemudian hari, penting untuk mulai mengajari mereka pola pikir ini sejak usia dini. Ketika anak Anda tahu bahwa mereka mampu mencapai hal-hal besar, maka mudah bagi mereka untuk mewujudkannya. Pastikan Anda menemukan cara untuk menanamkan growth mindset pada anak-anak.

 

Manfaat Growth Mindset pada Anak

Hal yang utama adalah mengetahui apa itu growth mindset. Pada dasarnya growth mindset adalah kepercayaan pada kemampuan dan potensi seseorang.

Ketika anak Anda memiliki growth mindset, hal tersebut akan mempengaruhi keputusan dan tindakan mereka dalam hidup. Pola pikir ini juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan dengan strategi yang tepat. Berbeda dengan fixed mindset (pola pikir tetap) yang memandang kecerdasan dan kemampuan sebagai sesuatu yang tidak dapat diubah atau dikembangkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat mengembangkan growth mindset pada anak:

  • Peningkatan perkembangan otak
  • Memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar
  • Memiliki kinerja yang lebih tinggi
  • Kemampuan untuk melakukan berbagai tugas
  • Menurunkan stres dan kecemasan
  • Mengambil lebih banyak risiko pribadi
  • Memiliki tekad yang lebih tinggi untuk mencapai tujuan

 

 

Strategi untuk Mengembangkan Growth Mindset Anak

Apakah Anda ingin mengajari anak Anda untuk mengembangkan growth mindset? Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda gunakan untuk menanamkan pola pikir ini.

 

Biarkan Anak Anda Melakukan Kesalahan

Tidak jarang para pendidik dan orang tua ingin mendidik anaknya menjadi sempurna. Faktanya, sebagian besar anak diajarkan untuk takut gagal pada usia dini. Namun, hal ini bertentangan dengan gagasan dalam mengembangkan growth mindset.

 

Pendekatan yang tepat adalah dengan membuat anak Anda merasa bebas melakukan kesalahan. Membiarkan mereka mengadopsi pola pikir ini membuat mereka cukup berani untuk mengambil tantangan baru. Proses ini akan membiarkan mereka menemukan sendiri apa yang berhasil dan apa yang tidak.

 

Beri Mereka Masalah untuk Dipecahkan

Pemecahan masalah akan mengajarkan anak-anak berbagai keterampilan hidup yang penting, di mana growth mindset adalah salah satunya. Terdapat masalah tertentu yang memerlukan beberapa langkah untuk dapat diselesaikan. Langkah-langkah tepat yang diambil dalam memecahkan masalah adalah hal yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan anak untuk menganalisis pemikiran dan solusi yang memungkinkan.

 

Alih-alih meminta anak Anda untuk menyerah dengan mudah dan meminta guru untuk menunjukkan kepada mereka bagaimana cara melakukan sesuatu, dorong mereka untuk mencari tahu sendiri, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan. Biarkan mereka mencoba berbagai cara untuk melakukan sesuatu sampai mereka menemukan solusi.

 

Dorong Mereka untuk Mencoba Ide Baru

 

Mengeksplorasi ide-ide baru dapat membantu pertumbuhan otak anak dan mengembangkan kreativitas mereka. Dengan melakukannya, mereka juga dapat melihat berbagai hal dengan cara yang baru dan beragam. Hal ini akan mendorong mereka untuk mencari berbagai cara untuk membantu atau menjawab permasalahan tertentu seiring bertambahnya usia.

 

Berikan Pujian untuk Usaha Mereka

 

Beberapa anak dapat dengan mudah frustasi ketika mereka tidak berhasil melakukan sesuatu atau memecahkan masalah. Anda perlu membantu mereka mengatasi rasa frustrasi ini dengan menunjukkan apresiasi Anda atas usaha mereka. Otak bekerja seperti otot. Mereka dapat menguat dari waktu ke waktu dengan ketekunan dan kerja keras. Pastikan Anda memuji anak ketika mereka berusaha melakukan sesuatu, meskipun hasilnya tidak seperti yang diinginkan.

Jangan memuji berdasarkan karakter mereka, seperti misalnya mengatakan bahwa mereka adalah anak yang pintar. Sebagai gantinya, pujilah mereka atas upaya yang mereka lakukan dalam suatu hal. Pujian terhadap suatu proses dapat meningkatkan rasa keberhasilan internal pada anak. Saat mereka tumbuh, hal itu dapat memperkuat keyakinan pada diri mereka sendiri bahwa mereka mampu berhasil selama mereka mau berusaha.

 

Contohkan Growth Mindset untuk Mereka

 

Bagi anak-anak, meniru adalah salah satu guru terbaik. Inilah sebabnya mengapa Anda sebagai orang tua atau pendidik perlu mewaspadai perilaku dan sikap Anda di depan anak. Saat Anda menghadapi tantangan atau memecahkan masalah, ungkapkan proses Anda untuk mendorong mereka meniru growth mindset.

Misalnya, ganti frasa, “Ini terlalu sulit,” dengan “Saya perlu lebih banyak latihan melakukan hal ini.”

 

Ajari Mereka Kata-kata Ajaib

 

Ada berbagai tahapan perkembangan otak alami pada anak. Tentunya sangat menyedihkan jika melihat anak Anda menyerah ketika mereka berjuang untuk melakukan aktivitas tertentu atau ketika sedang memecahkan masalah. Tapi alih-alih mengecewakan mereka, gunakanlah kata ajaib sebagai gantinya, yaitu BELUM.

Ketika anak Anda berkata, “Saya tidak bisa mengendarai sepeda,” ajari mereka untuk mengatakan “Saya belum tahu cara mengendarai sepeda”. Biarkan mereka tahu bahwa dengan melakukan latihan, mereka bisa melakukan atau menjadi ahli dalam suatu hal.