Pikler triangle Montessori toy

Segitiga Pikler dan Pengajaran Montessori

Beberapa mainan ala Montessori hadir untuk memfasilitasi pembelajaran yang selaras dengan metode Montessori. Salah satu mainan itu adalah Pikler Triangle. Jika Anda ingin membelinya, pastikan Anda tahu cara menggunakannya. Terdapat berbagai cara untuk memfasilitasi pembelajaran yang efektif sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaannya.

Apa itu Pikler Triangle?

Pikler Triangle adalah mainan berbentuk segitiga yang digunakan untuk memanjat. Mainan ini dikembangkan oleh dokter anak dari Hungaria Bernama Dr. Emmi Pikler. Pikler dikenal karena karya revolusionernya dalam pengasuhan dan perkembangan anak, salah satunya adalah Pikler Triangle.

Struktur mainan kayu ini memiliki tangga kayu yang dapat dipanjat atau digunakan anak sesuka hati. Selain itu terdapat ruang di bawahnya yang bisa mereka lewati. Mereka dapat berpegangan pada struktur kayu pada awal mula mereka belajar berjalan. Begitu anak Anda berada di tahap balita, mereka akhirnya akan dapat memanjatnya.

Pikler Triangle adalah salah satu mainan terbaik yang sejalan dengan Montessori yang pernah ada. Mainan ini dirancang untuk mendorong anak untuk menggunakan imajinasinya karena ada kesempatan yang terbatas dalam berinteraksi dan bereksplorasi dengan mainan ini. Mainan ini tidak hanya memiliki berbagai manfaat tetapi juga dapat dimainkan dengan berbagai cara.

Pikler Triangle dan Pembelajaran Montessori

Apakah Pikler Triangle termasuk dalam Montessori? Pertanyaan ini banyak ditanyakan oleh orang tua yang menerapkan Montessori. Jawabannya adalah tidak.

Mainan ini tidak dirancang khusus untuk digunakan di lingkungan yang dipersiapkan dalam Montessori. Namun, mainan ini dapat digunakan dalam pengajaran Montessori karena selaras dengan metode dan pendekatan yang mendorong anak untuk belajar dan menemukan konsep sendiri.

Pikler Triangle sangat populer di kelas dan rumah Montessori sehingga disebut Montessori Pikler Triangle. Meskipun tidak dirancang untuk pembelajaran Montessori, mainan ini sangat membantu dalam membangun kepercayaan diri pada anak untuk dapat berinteraksi secara fisik dengan struktur kayu. Selain itu, mainan ini juga dapat mendorong anak untuk bermain dan memiliki pemikiran kreatif.

 

Berbagai Komponen Berbeda dari Pikler Triangle

Pikler Triangle terdiri dari berbagai komponen yang memungkinkan variasi dalam menyiapkannya. Variasi ini berbeda dari satu pabrik ke pabrik lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya melihat berbagai variasi yang dapat Anda buat saat memilih tempat untuk membeli mainan ini.

Mainan ini berupa tangga berbentuk segitiga yang terbuat dari kayu untuk keamanan, stabilitas, dan daya tahan.

Rangka Pikler Triangle dilengkapi dengan pasak kayu yang diberi jarak yang sama. Ukuran dan tinggi rangka Pikler Triangle bervariasi dari satu pabrik ke pabrik lainnya. Namun, sebagian besar Pikler Triangle tingginya mencapai satu meter dari permukaan tanah sehingga menawarkan tantangan yang cukup namun tetap aman untuk anak Anda.

Selain terdapat bingkai segitiga utama, mainan ini juga memiliki perosotan tambahan. Perosotan kayu datar ini adalah aksesori umum. Ini sangat cocok untuk digunakan balita karena mereka dapat meluncur dari anak tangga paling bawah. Perosotan ini dapat mengembangkan otot inti mereka untuk stabilitas. Selain itu juga dapat membantu keseimbangan anak Anda.

Aksesori umum lainnya pada Pikler Triangle adalah sisi panjat tebing. Bagian ini ada di sisi berlawanan dari perosotan. Terdapat batu tiruan yang dapat dipegang anak saat mereka mencoba memanjat papan. Aksesori ini dapat meningkatkan kemampuan motorik dan pemecahan masalah.

Manfaat Menggunakan Pikler Triangle

Jika Anda ingin mendorong anak untuk belajar dengan cara Montessori, ada baiknya untuk berinvestasi pada Pikler Triangle karena mainan ini menawarkan manfaat baik fisik maupun mental, diantaranya:

  • Membantu anak untuk mengembangkan kepercayaan diri.
  • Mendorong keterampilan motorik kasar pada usia dini.
  • Mendorong pertumbuhan dan perkembangan otot anak.
  • Meningkatkan keseimbangan anak.
  • Mendorong eksplorasi kreatif dan terdapat berbagai cara untuk berinteraksi dengan mainan ini.

 

Apakah Pikler Triangle berbahaya?

Tidak, Pikler Triangle aman untuk digunakan anak. Namun, para ahli Montessori menganjurkan agar Anda selalu mengawasi anak saat menggunakan Pikler Triangle atau mainan lainnya.

Anda dapat menambahkan alas bermain pengaman di bawah mainan ini untuk memastikan keamanan anak. Anak akan membutuhkan beberapa latihan sebelum mereka merasa percaya diri untuk bermain dengan mainan ini, jadi pastikan Anda membuat lingkungan bermain mereka lebih aman dan terlindungi.

Ada beberapa variasi yang tersedia untuk Pikler Triangle. Sangat penting untuk berkeliling dan mempelajari pilihan Anda untuk menemukan model yang paling cocok dan aman untuk anak Anda sambil memfasilitasi proses belajar mereka. Selalu periksa rekomendasi usia yang dapat membantu menentukan apakah itu sesuai untuk anak Anda atau tidak.

4 Tanggapan

  1. Ping-balik: vote for trump
  2. Ping-balik: bonanza178

Comments are closed.

Montessori Diploma 3-6 Years Online Course
Montessori Lower Elementary 6-9 Years Certificate Course
Montessori Certificate 3-6 Years Online Course
Short Certificate Courses 2-6 Years for Parents and Educators